Selasa, 17 November 2009

CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

DEFINISI

KOMITMEN PERUSAHAAN ATAU DUNIA BISNIS UNTUK BERKONTRIBUSI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI YANG BERKELANJUTAN DENGAN MEMERHATIKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN MENITIKBERATKAN PADA KESIMBANGAN ANTARA PERHATIAN TERHADAP ASPEK EKONOMIS, SOASIAL DAN LINGKUNGAN

ORIENTASI CSR

  1. PROFIT, PEOPLE DAN PLANET DALAM PORSI YANG SEIMBANG.
  2. DULU CSR DIKENAL DENGAN BAKTI SOSIAL, BANTUAN SOSIAL ATAU COMMUNITY DEVELOPMENT.

KATEGORISASI PERUSAHAAN MENURUT IMPLEMENTASI CSR

HIJAU : ERUSAHAAN YANG SUDAH MENEMPATKAN CSR PADA STRATEGI INTI DAN JANTUNG BISNISNYA CSR TIDAK HANYA DIANGGAP SEBAGAI KEHARUSAN TETAPI KEBUTUHAN

BIRU : PERUSAHAAN YANG MENILAI PRAKTIK CSR AKAN MEMBERI DAMPAK POSITIF TERHADAP USAHANYA KARENA MERUPAKAN INVESTASI BUKAN BIAYA

MERAH : PERUSAHAAN PERINGKAT HITAM YANG MULAI MENERAPKAN CSR. CSR MASIH DIPANDANG SEBAGAI KOMPONEN BIAYA YANG MENGURANGI KEUNTUNGAN PERUSAHAAN

HITAM : KEGIATANNYA DEGENERATIF MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN BISNIS DAN TIDAK PEDULI ASPEK LINGKUNGAN DAN SOSIAL DI SEKELILINGNYA.

MANFAAT CSR BAGI PERUSAHAAN

  1. MEMPERTAHANKAN DAN MENDONGKRAK REPUTASI SERTA CITRA MEREK PERUSAHAAN
  2. MENDAPATKAN LISENSI UNTUK BEROPERASI SECARA SOSIAL
  3. MEREDUKSI RESIKO BISNIS PERUSAHAAN
  4. MELEBARKAN ASKES SMBER DAYA BAGI OPERASIONAL PERUSAHAAN
  5. MEMBUKA PELUANG PASAR YANG LEBIH LUAS
  6. MEREDUKSI BIAYA, MISALNYA TERKAIT DAMPAK PEMBUANGAN LIMBAH
  7. MEMPERBAIKI HUBUNGAN DENGAN STAKEHOLDERS
  8. MEMPERBAIKI HUBUNGAN DENGAN REGULATOR
  9. MENINGKATKAN SEMANGAT DAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN
  10. PELUANG MENDAPATKAN PENGHARGAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar