Rabu, 05 Januari 2011

Ekonomi Koperasi

SHU MEMBERIKAN KONTRIBUSI KESEJAHTERAAN ANGGOTA


Koperasi Ihsan sudah berbadan hukum yang berkedudukan di Jalan Raden Ajeng Kartini Nomor 11, Desa Margahayu Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi didirikan berdasarkan Badan Hukum Nomor : 74/BH/KDK.10.8/VIII/2000 pada tanggal 18 Agustus 2000.

Dengan melihat SHU anggota diatas, maka koperasi memberikan kontribusi yang cukup baik untuk kesejahteraan anggotanya. Oleh karena itu, pemahaman mengenai koperasi harus dikembalikan pada prinsip dasar koperasi yang bertujuan mensejahterakan anggotanya. Bukan sebagai perusahaan yang bertujuan menimbun laba atau keuntungan. Indikator keberhasilan koperasi yang dilihat berdasarkan besaran sisa hasil usaha (SHU), aset, dan omzet harus segera ditinggalkan karena indikator tersebut justru tidak mewakili tujuan dasar dari koperasi yakni mensejahterakan anggotanya.

Walaupun selama ini fakta menunjukkan bahwa koperasi yang mendapat predikat teladan dan maju adalah koperasi yang memiliki SHU (sisa hasil usaha) dan aset besar, serta modal kuat, tetapi justru tidak melihat berapa banyak anggota koperasi tersebut yang maju dan sejahtera karena hal tersebut merupakan suatu kesalahan karena indikator tersebut tidak terkait langsung dengan eksistensi koperasi untuk mensejahterakan anggotanya. Melainkan justru mengarah ke kapitalistik atau mencari keuntungan. Bukan ke pelayanan terhadap anggota.

Salah satu sebagai bentuk pelayanan terhadap anggotanya, koperasi tidak melihat berapa besar SHU yang dikumpulkan yang kemudian dibagikan kepada anggota, melainkan bagaimana SHU yang tak terlalu besar bisa berdampak positif bagi perkembangan ekonomi anggota. Misalnya saja, dengan mengurangi bunga pinjaman anggota.

Menurut Pengajar Ikopin, Eri Supriyadi, koperasi terbaik di dunia bukanlah koperasi dengan SHU yang luar biasa, melainkan koperasi yang memberikan pelayanan dan bermanfaat secara ekonomi serta bisnis kepada anggotanya. Sejauh ini Koperasi Ihsan sudah memberikan pelayanan dan bermanfaat bagi para anggotanya terutama dalam simpan pinjam sehingga setiap tahunnya anggota Koperasi Ihsan terus bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar